Warga Lapas Kelas II B Laing Lakukan Perekaman Data KTP-el

Warga Lapas Kelas II B Laing Lakukan Perekaman Data KTP-el

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pencatatan Sipil (DPPKBKPS) Provinsi Sumbar turut serta mendampingi Dinas Dukcapil Kota Solok dalam perekaman serentak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)/Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Laing, Kamis (17/1/19).

Pelaksanaan perekaman tersebut, selain didampingi oleh kepala DPPKBKPS Provinsi Sumbar, turut hadiri KPU Propinsi Bawaslu, KPU Kota Solok, Camat Lubuk Sikarah dan Camat Tanjung Harapan, Lurah Laing, dan para wartawan media cetak dan elektronik.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari edaran Mendagri nomor 471.13/539/Dukcapil tanggal 10 Januari 2019 tentang Gerakan Nasional Jemput Bola Serentak KTP-el di Lapas/Rutan.

Perekaman yang dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia ini, bertujuan untuk pemenuhan kepemilikan KTP elektronik bagi warga binaan di Lapas/Rutan, guna mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional pemilih dalam Pilpres 2019 mendatang.

Untuk kelancaran pelaksanaan perekaman ini, Kepala Disdukcapil H. Syaiful A telah melakukan koordinasi sebelumnya dengan kepala Lapas serta mengumpulkan data-data warga binaan lapas yang belum memiliki KTP elektronik.

Syaiful A yang ditemui dilokasi perekaman mengatakan, pelaksanaan perekaman di Lapan kelas II B hari ini berjalan dengan lancar dan tuntas, hasil konsolidasi terhadap 372 orang warga binaan Lapas, pada data SIAK terdapat 4 warga Kota Solok yang belum melakukan perekaman KTP-el, 45 warga yang sudah rekam cetak, serta untuk luar domisili tercatat 56 warga yang sudah rekam cetak, 12 warga yang akan merekam, sisanya 252 orang belum terdata, sedangkan hasil dari tim yang turun langsung ke Lapas, diperoleh 5 orang warga binaan Lapas yang merupakan warga Kota Solok yang belum melakukan perekaman, dan 22 keping KTP-el yang dicetak ulang dikarenakan rusak/invalid dan hilang.

“Dengan adanya perekaman KTP-el ini, kami berharap kedepannya presentase perekaman KTP-el semakin meningkat dan data-data tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin terutama oleh KPUD dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 serta instansi vertikal dan OPD,” harap H. Syaiful. (am)

Tags: , , , , , , , ,