Warga Pandan Buka Bersama di Surau Pandan

Warga Pandan Buka Bersama di Surau Pandan

Solok, (InfoPublikSolok) –  Warga Pandan Kelurahan PPA Kecamatan Tanjung Harapan mengadakan buka puasa bersama di Surau Pandan, Senin (27/5/2019). Buka puasa ini rutin diadakan oleh warga Pandan sejak berdirinya surau ini.

Pengurus Surau Pandan, Zulkarnaini menyampaikan, dengan diadakannya acara buka bersama ini semoga dapat menjalin hubungan silaturahmi serta menambah kekompakan antar warga pandan sehingga timbul rasa saling berbagi antar sesama.

Harapannya semoga kegiatan buka bersama ini bisa terlaksana setiap tahunnya di Surau Pandan dan juga bisa dilaksanakan di Surau, Mushalla, dan Masjid yang ada di lingkungan Pandan, sehingga meningkatkan hubungan silaturahmi dan rasa saling berbagi sesama kita pada bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini.

Mamak Syafrital dari suku Chaniago Aro IV Korong dalam sambutannya mengajak anak kemanakan untuk saling menjaga diri. Kalau ada permasalahan janganlah disimpan dan didiamkan saja. Tolong sampaikan kepada mamak atau bapak, supaya jangan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Selaras dengan pepatah minang, Anak dipangku Kamanakan dibimbiang, yang artinya seorang lelaki Minangkabau harus bertanggung jawab dan peduli kepada kemenakannya (anak dari saudara perempuannya ) selain tanggung jawab terhadap anak sendiri,” kata Mamak Syafrital.

Ia juga mengapresiasikan kemenakan yang telah mengadakan buka puasa bersama ini. Selain untuk meningkatkan silaturahmi, kegiatan ini juga bisa jadi sarana saling kenal mengenal, mamak bisa tahu dengan kemenakan dan begitu juga sebaliknya.

Adapun sajian makanan dan minuman untuk berbuka bersama dibawa dari rumah masing-masing oleh Ibu-Ibu warga Pandan. Acara diakhiri dengan penyampaian ceramah agama oleh ustad Afrizul, SE dengan materi Zakat Fitrah. (vpu)

Tags: , , , ,