Warga Penerima Bantuan Rumah Swadaya Buka Rekening Bank

Warga Penerima Bantuan Rumah Swadaya Buka Rekening Bank

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 23 KK penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), warga Kelurahan Pasar Pandan Airmati (PPA), Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok mengikuti sosialisasi pembukaan rekening bank untuk keperluan bahan-bahan bangunan bantuan rumah tidak layak huni. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Solok, Sabtu (22/6/2019).

“Pembukaan rekening penerima bantuan tersebut dilakukan setelah mengikuti sosialisasi program bantuan rumah tidak layak huni tahun 2019, anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) bidang perumahan dan permukiman itu akan mendapatkan kucuran dana yang langsung ke rekening masing-masing sebesar 15 juta rupiah dan uang tukangnya 2,5 juta rupiah, tetapi untuk tahap pertama dana yang turun sebesar 7,5 juta rupiah,” ucap Kurnia Illahi Fajri selaku Fasilitator Bantuan Rumah Tidak Layak Huni.

Acara sosialisasi pembukaan rekening bank tersebut digelar di aula kelurahan Aro IV Korong, yang dibuka langsung oleh ketua tim teknis DAK Bidang Perumahan dan Permukiman Kota Solok, Devis Saputra, ST. Hadir dalam acara sosialisasi tersebut tim fasilitator, ketua kelompok penerima bantuan serta tim dari Bank Nagari Kota Solok.

Dalam sambutannya, Devis menjelaskan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta penerima bantuan terkait pelaksanaan program mulai dari proses hingga akhir pelaksanaan kegiatan nantinya.

“Program ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyakat berpenghasilan rendah, tahun ini beberapa lokasi yang mendapatkan program tersebut adalah kelurahan PPA, Kelurahan Aro IV Korong, Kelurahan Laing, dan Kelurahan Kampung Jawa,” ungkapnya.

Bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni adalah sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya yang sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 1 Tahun 2011.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut dijelaskan pula tentang kewajiban dan tanggung jawab bagi penerima bantuan, serta pembukaan rekening ini tidak boleh diwakilkan, harus orang yang bersangkutan. Dan tak lupa, orang yang menerima bantuan rehab rumah ini ialah orang yang memiliki tanah sendiri, atau tanah yang dihibahkan oleh pihak keluarga yang bersangkutan. (vpu)

Tags: , , , ,