Wawako Berikan Materi Penyuluhan Pemilu Bagi Pemilih Pemula

Wawako Berikan Materi Penyuluhan Pemilu Bagi Pemilih Pemula

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Reinier, didaulat menjadi pemateri pada kegiatan penyuluhan bagi Pemuda menghadapi Pemilu 2019, bertempat di Aula SMPN 5 Kota Solok, Rabu (20/3/2019). Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Solok, Fidliwendy Alfi, Komisioner KPU Kota Solok, Ketua Bawaslu Kota Solok serta peserta penyuluhan ratusan Pemuda dari berbagai unsur di Kota Solok.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok, Fidliwendy Alfi dalam laporan pelaksanaan mengatakan, penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan keikutsertaan pemilih pemula pada pemilu 2019 ini akan mencapai angka 80%.

“Kami mengundang organisasi Pemuda dari Kelurahan, KNPI, Pemuda Pancasila beserta organisasi kepemudaan lainnya yang berjumlah 150 Orang yang diharapkan dapat berpartisipasi guna menyebarluaskan serta memberitahukan mengenai pelaksanaan Pemilu yang baik dan benar kepada masyarakat,” kata Kepala Kantor Kesbangpol.

Pada kesempatan ini, Wakil Walikota Solok, Reinier bertindak selaku pemateri dengan tema Pemuda dan Pemilu. “Penyuluhan ini merupakan keinginan Pemerintah Daerah Kota Solok dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih terutama pemuda yang juga harus ikut membantu menyukseskan pemilu, karena Pilpres dan Pileg ini akan turut mempengaruhi jalannya roda pemerintahan,” kata Wawako Reinier.

“Hak rakyat untuk menggunakan suaranya harus disalurkan, jangan sampai ada yang golput di Kota Solok. karena pentingnya suara pemuda dan masyarakat untuk Pilpres dan Pileg ini sangatlah nyata,” tutur Reinier.

Wawako juga berharap, semua peserta penyuluhan ini bisa mengikuti kegiatan dengan cermat. Para peserta akan menjadi corong, memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat lain.

Sementara itu, anggota KPU Kota Solok Ir. Arif Santoso dalam paparan materi menjelaskan Kesiapan KPU Kota Solok dalam menghadapi Pemilu 17 April 2019 mendatang serta memperagakan tata cara pencoblosan pada surat suara dan disamping itu juga mengharapkan agar warga Kota Solok untuk tidak Golput dan menghindari Politik Uang (Money Politic).

Sedangkan, Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd, menjelaskan tentang tugas Bawaslu dalam mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan tindak beserta sanksi pidana pelanggaran pelaksanaan Pemilu yang dimulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih, tahapan kampanye dan dana kampanye, tahapan pengadaan dan distribusi logistik serta tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Pada akhir paparnnya, Ketua Bawaslu kembali mengharapkan agar para pemuda peserta penyuluhan ini dapat menyosialisasikan kepada masyarakat agar dapat menghindari dan mewaspadai money politic (politik uang), black campaign (kampanye hitam) serta pelanggaran-pelanggaran pelaksanaan Pemilu lainnya. (ai)

Tags: , , , , , ,