Wawako Buka Bimtek Jurnalistik

Wawako Buka Bimtek Jurnalistik

Solok, (InfoPublik Solok ) – Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Jurnalistik bagi wartawan yang bertugas di Kota Solok, Bertempat di Aula Mami Hotel, Rabu (14/3).

Bimtek yang diselenggarakan oleh Bagian Humas & Protokol Sekretariat Daerah Kota Solok tersebut diikuti oleh seluruh wartwan media cetak, elektronik dan online yang sehari-hari bertugas meliput di wilayah Kota Solok, serta peliput dari Bagian Humas & Protokol.

Tampil  sebagai narasumber dalam bimtek tersebut, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat H.Heranof Firdaus dan Yurnaldi wartawan senior dari Sumatera Barat. Turut hadir pada pembukaan tersebut Asisten III Yul Abrar, Kabag Humas & Protokol Nurzal Gustim, Kasubag Pemberitaan dan Dokumentasi Livka Orestilla.

Nurzal Gustim dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Bimtek ini dilakukan guna menyukseskan dan menyiapkan diri dalam menyambut Visit Kota Solok 2020. Bimtek ini juga merupakan salah satu program yang dirancang sebagai bentuk kerjasama Humas dengan insane Pers.

Tujuan diadakannya bimtek ini ialah untuk menjalin hubungan kemitraan yang harmonis antara Humas dan Pers, serta untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang meliput di Kota Solok.

Sementara itu, Wawako Reinier dalam arahannya menyebutkan, pers sebagai pilar ke-empat demokrasi memiliki peran dan kedudukan yang sangat besar. Oleh karena itu, sangat diperlukan pers yang kapabel dengan fungsinya.

“Kita tahu bersama, pers merupakan suatu lembaga atau wahana untuk menyebarkan dan menyiarkan informasi terhadap masyarakat,” ujarnya.

Pers dan pemerintah saling bergantung satu sama lain. Pers mustahil hidup dan berkembang di suatu wilayah tanpa ada pemerintah dan masyarakat. Sebab wilayah tanpa kekuatan pengatur (pemerintah), akan cenderung menjadi rimba. Hukum rimba akan melembaga dan membudaya disana. Dalam hal ini, pers menjadi jembatan yang menghubungkan kepentingan masyarakat dan pemerintah secara timbal balik.

“Melalui Bimtek ini, kami atas nama Pemerintah Kota Solok mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh. Bila ada yang belum memahami, untuk tidak segan bertanya kepada narasumber mengenai hal yang belum dipahami, “ tutup Reinier. (deni).

Tags: , , , ,