Wawako Buka Festival Ekonomi Kreatif 2021

Wawako Buka Festival Ekonomi Kreatif 2021

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota  Solok Dr. Radhani Kirana Putra secara resmi membuka gelaran Festival Ekomomi Kreatif Tahun 2021, bertempat di Taman Istiqlal Kota Solok, Rabu (15/12).

Hadir pada kesempatan itu, unsur Forkopimda Kota Solok, Ketua TP-PKK Kota Solok Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Ketua GOW Kota Solok Ny. Donna Ramadhani Kirana Putra, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, para kepala OPD serta para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solok.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvi Basri, dalam laporannya menyebutkan, Festival ini dilaksanakan dari tanggal 15 sampai dengan 19 Desember 2021. Festival ini bertujuan untuk memberikan peluang dan ruang aktivitas kreatif kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Solok, Mendorong pengembangan UMKM yang ada di Kota Solok serta mendukung industri kreatif dalam berinovasi.

Kepala Dinas Pariwisata Prov. Sumatera Barat yang diwakili oleh Derliati, SST, M.Pd, Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif dalam sambutannya ungkapkan apresiasi kepada pemerintah Kota Solok yang telah menggelar kegiatan seperti ini. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, besar harapan kami dapat memberikan ide-ide kreatif kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Solok sehingga nantinya dapat meningkatkan potensi pariwisata di Kota Solok,” ungkapnya.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili oleh Rusdi Saleh ungkapkan bahwa kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, bagaimana program ini mempunyai indikasi dalam perkembangan di Kota Solok. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berdampak positif ke Kota Solok,” tuturnya.

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya juga ungkapkan apresiasinya atas terlaksana kegiatan seperti ini. Wawako akui Pandemi covid 19 sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pembangunan yang menyebabkan keterpurukan perekonomian, dan ini tentu saja sangat berdampak pada UMKM, pelaku Ekraf dan pariwisata. Namun kita tidak boleh lemah dan patah semangat menghadapi situasi ini.

“Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk lebih kreatif lagi. Yakinlah pada kekuatan UMKM yang dimulai dari kegiatan para komunitas, nanti akan menjadi inspirasi dan new power dalam perekonomian,” ucapnya.

Wawako menambahkan bahwa Pemerintah Kota Solok sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Kota Solok. Dengan memberi peluang, memberi ruang dan memberi kegiatan-kegiatan yang produktif, sehingga di kemudian hari memberikan manfaat dan berkah bagi pelaku UMKM dan Ekraf Kota Solok.

“Dengan adanya festival ekonomi kreatif ini diharapkan potensi-potensi daerah akan muncul dan para pelaku ekonomi kreatif akan terus belajar dan berupaya meningkatkan kreativitas untuk menghasilkan karya-karya yang inovatif. Semakin tinggi nilai kretivitas karya-karya yang dihasilkan, maka akan dinilai dengan harga yang fantastis,” ungkap Wawako.

Pemerintah juga berharap dengan pelaksanaan Festival Ekonomi Kreatif, dapat membantu UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dalam memperkenalkan produk, karya dan kreatifitasnya, sehingga keberadaan mereka dapat diketahui oleh masyarakat umum secara luas. ”Tujuan akhirnya yaitu promosi dan pemasaran, sehingga karya-karya yang dihasilkan dapat dihargai dengan pantas dan tentunya ini akan membantu perekonomian pelaku ekonomi kreatif itu sendiri,” tutup Wawako. (sna)

 

 

Tags: ,