Wawako dan Wakil Ketua DPRD Hadiri Peresmian Masjid Darussalam Biruhun

Wawako dan Wakil Ketua DPRD Hadiri Peresmian Masjid Darussalam Biruhun

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota Wakil Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Bayu Kharisma beserta Anggota DPRD diantaranya, Hendra Saputra, SH, Yoserizal, SH, Rusnaldi, A.Md dan Taufiq Nizam menghadiri peresmian Musholla Darussalam menjadi Masjid Darussalam yang bertempat di RT.01/RW.05 Perumahan Guru Biruhun Kelurahan Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah, Jumat (15/10/2021).

Pada peresmian tersebut turut dihadiri juga oleh Kepala Kemenag Solok, Camat Lubuk Sikarah, Lurah Simpang Rumbio, Bhabinkantibmas, Bhabinsa serta jamaah Masjid Darussalam dan tamu undangan lainnya.

“Terima kasih kepada semua donatur dan masyarakat yang telah banyak membantu demi terwujudnya sebuah masjid di lingkungan Perumahan guru Biruhun ini. Mushalla Darussallam telah berdiri semenjak Tahun 1986 yang didasari dengan wakaf oleh pemilik lahan yang saat ini beliau tidak bisa untuk hadir bersama kita, yang disebabkan beliau sedang sakit. Mari kita bersama–sama mendo’akan beliau cepat sembuh semoga apa yang telah beliau berikan untuk kepentingan umat ini, menjadi amal ibadah hendaknya,” kata pengurus Masjid Darussalam, Afrizen, S.Ag.

Wawako dalam sambutannya berterima kasih kepada segenap jamaah karena mampu meningkatkan kualitas, karena dari semula Mushola sekarang menjadi Masjid. Masjid Darussalam tercatat sebagi masjid yang ke 69 di Kota Solok.

“Semoga hal ini juga diikuti dengan meningkatnya pula kuantitas dan kualitas jamaah shalat ke masjid” tandasnya.

Selanjutnya Wawako meminta kapada masyarakat untuk berupaya membantu sebisa mungkin demi kesempurnaan masjid. Dan Ia yakin dasar dari pembangunan masjid ini adalah dengan dasar taqwa, oleh karena itu, diharapkan dengan peresmian masjid ini meningkat pula ketaqwaan pula para jamaahnya. “Mari kita upayakan masjid sebagai pusat keagamaan dan pendidikan islam dengan menghadirkan suasana masjid yang paripurna dan nyaman bagi semua kalangan masyarakat,” ujar Wawako.

“Saya berterima kasih atas partisipasi para pengurus masjid dan masyarakat di tempat ini membantu pemerintah dalam menjalankan program pemerintah khususnya bidang keagamaan dengan tujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” kata Wakil Wali Kota.

Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Bayu Kharisma menyampaikan kami selaku Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Solok mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan menyumbangkan waktu, pikiran, tenaga, dan bantuannya terhadap perubahan status dari Mushala Darussalam Perumahan Guru Biruhun menjadi Masjid Darussalam Biruhun.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam ajaran islam masjid merupakan sebaik-baiknya tempat di muka bumi ini. Konsep mendirikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, namun masjid juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman serta juga masjid dapat difungsikan sebagai tempat musyawarah untuk menstrategikan pembangunan di kota kita ini,” terang Bayu Kharisma.

“Mengingat selama ini masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, kami berharap masjid Darussalam Biruhun ini dapat menyebarkan cahaya islam serta menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta persaudaraan dan kerukunan umat. Tanggung jawab kita bersama yang paling besar adalah bagaimana memakmurkan masjid ini,” harap Wakil Ketua DPRD Kota Solok ini.

Seiring dengan pertumbuhan masjid dan tantangan perubahan jaman yang semakin cepat, pengelolaan masjid menuntut manajemen yang baik. Manajemen atau pengelolaan yang baik itu, diperlukan untuk mewujudkan kemakmuran masjid. Dimana kemakmuran sebuah masjid, tergantung pada bagaimana mengelola dan mendayagunakan masjid dengan sebaik-baiknya.

“Fungsi utama masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an adalah bagian dari upaya memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu diharapkan kepada kita semua untuk dapat berperan serta untuk kemakmuran masjid yang kita cintai ini,” jelas Bayu Kharisma. (wh)

Tags: , , ,