Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

26 Mei 2024

Wawako Ramadhani Terima Audiensi Tim Representative JICA

Wawako Ramadhani Terima Audiensi Tim Representative JICA

Solok,(InfoPublikSolok) – Dalam rangka audiensi persiapan kunjungan Knowledge Sharing Program (KSP), Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, menerima kunjungan tim representative Japan Internasional Coorporation Agency (JICA) di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Senin (22/5/2023).

Knowladge Sharing Program merupakan sebuah proyek kerjasama teknis antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) yang nantinya direncanakan pada tanggal 12 September 2023 dan Kota Solok merupakan sebagai Pilot Project kegiatan tersebut.

“Kota Solok telah terpilih sebagai pilot project implementasi Buku KIA Khusus Bayi Kecil sejak tahun 2020. Kami mengucapkan terimakasih kepada JICA dan Kementerian Kesehatan yang telah banyak memfasilitasi dalam kegiatan ini,” sebut Wawako.

Sebagai Kepala daerah, ia sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini sehingga dapat terwujudnya tujuan bersama yaitu menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta menurunkan prevalensi stunting.

“Asalkan buku KIA-nya dilengkapi lembar demi lembar, artinya standar pelayanan sudah diberikan sesuai dengan pedoman yang menjadi acuan petugas,” ujar Wawako.

Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) merupakan buku berisi informasi dan catatan pelayanan kesehatan pada ibu selama hamil, bersalin, hingga nifas dan anak sejak janin hingga usia 5 tahun.

Setiap ibu hamil wajib mendapatkan 1 buku KIA sebagai pemantauan kesehatan Ibu dan Anak. Buku ini dibawa dan ditunjukan kepada petugas kesehatan pada saat diberikan pelayanan kesehatan untuk dicatatkan pelayanan yang diberikan dan bagi ibu sebagai bahan informasi kesehatan untuk ibu dan anaknya.

“Pemerintah Kota Solok menyambut baik adanya KSP ini, dimana tamu mancanegara belajar ke Kota Solok dalam penggunaan buku bayi kecil ini sehingga Kota Solok juga akan lebih berbenah diri untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal pula nantinya,” ungkap Ramadhani.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep. M.Kes menyampaikan kepada tamu yang hadir tentang bagaimana rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam penyambutan delapan negara yang akan berkunjung pada tanggal 12 September 2023.

“Nanti akan ada sekitar 50 orang yang akan hadir pada hari itu, jadi kita berharap dapat mempersiapkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar kegiatan ini sukses dilakukan,” katanya.

Dalam kunjungan ini ikut mendampingi tim dari Kementerian Kesehatan Indonesia dan juga tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Yuni Andra, SKM, M.Kes selaku Kabid Kesmas.

Serta ikut hadir juga dalam pertemuan ini Camat Tanjung Harapan, Dinas Kominfo, Kepala Puskesmas Tanjung Paku, serta dr. IGM Afridoni A, Sp.A selaku dokter spesialis anak di Mom and Kids Care. (ya)

Tags: , ,

No Responses

Comments are closed.