Wawako Solok Buka Secara Resmi Pekan Olahraga Kota (PORKOT) 2019

Wawako Solok Buka Secara Resmi Pekan Olahraga Kota (PORKOT) 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Reinier, buka Pekan Olahraga Kota (PORKOT) tingkat Kota Solok Tahun 2019 di Sport Hall Tanjung Paku Kota Solok, Senin (18/02/2019), yang dihadiri Unsur Forkopinda, Kadispora Drs. Dodi Osmond, Kepala OPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Camat, Lurah dan para undangan lainnya.

Ketua Pelaksana, Drs. Rusli Hamris dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjaring bibit unggul yang bisa dibina oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dispora, selain itu untuk meningkatkan motivasi dan menumbuh kembangkan minat olahraga di lingkungan masyarakat Kota Solok.

PORKOT 2019 yang merupakan ajang pertama kali digelar Kota Solok yang selaras dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang dikenal dengan Gala Desa.

Dimana, kata Kabid Pembudayaan Olahraga, Kegiatan ini diikuti oleh 13 Kelurahan dengan mempertandingkan 3 cabang olahraga yaitu Futsal, Bulutangkis dan Tenis Meja dengan jumlah atlet lebih kurang 260 orang yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 18 s/d 22 Februari 2019.

Wakil Walikota, Reinier dalam pengarahannya mengatakan, “Kami berharap dengan adanya PORKOT ini dapat menghasilkan permainan yang berkualitas dan sportif. Kita tahu 3 cabang olahraga yang dipertandingkan ini sangat digemari seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemko kepada masyarakat agar olahraga memasyarakatkan di Kota Solok,” kata Wakil Walikota.

“Porkot ini merupakan tolak ukur bagi masyarakat di Kelurahan untuk melihat apa benar olahraga ini telah memasyarakat juga sekaligus pembinaan secara baik, sebab atlit bukan datang secara spontan tapi hasil pembinaan dari bawah. Makanya sejak ini harus diperhatikan terutama generasi muda kemana bakatnya untuk diarahkan,” tambah Reinier.

Untuk itu, dalam Porkot ini akan nampak Kelurahan mana yang benar-benar siap untuk melaksanakan kegiatan ini, sebab bila secara bertahadap telah dibina akan dapat menghasilkan atlet yang siap untuk diterjunkan dalam kejuaraan. Porkot ini jangan hanya mengejar juara tapi lebih bersifat pembinaan disamping menghasilkan atlet yang propesional untuk membawa nama baik Kota Solok diajang Porprov nantinya,” tandas Reinier.

“Untuk itu, dalam pertandingan nantinya perlihatkan rasa persaudaraan secara sportif, dalam bertanding boleh panas tapi tetap kepala dingin,” pinta Wakil Walikota. (ep)

Tags: , , , ,