Wawako Solok Hadiri Upacara Virtual dan Syukuran Hari Bhayangkara ke 74

Wawako Solok Hadiri Upacara Virtual dan Syukuran Hari Bhayangkara ke 74

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota Solok Reinier, ST, MM mengikuti Upacara Virtual  dalam rangka hari Bhayangkara ke 74 di aula Mapolres Solok Kota, Rabu (1/7).

Turut mendampingi, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Dandim 0309/Solok, Letkol Arm Reno Triambodo, Kepala Kejaksaan Negeri Solok Donny Haryono Setiawan, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, Kepala KPN, Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Solok, beserta jajaran Polres Solok Kota.

Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 diselenggarakan secara sederhana karena situasi pandemi Covid-19. Upacara peringatan dilakukan melalui virtual atau live streaming dengan Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara didampingi langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis di Istana Negara Jakarta.

Upacara virtual hari Bhayangkara ke 74  ini bertemakan “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato dalam HUT Bhayangkara ke-74 di Istana. Jokowi menyinggung pandemi COVID-19 yang melanda dunia menurutnya cobaan berat.

“Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat,” kata Jokowi

Jokowi mengajak semua pihak bekerja keras menghadapi COVID-19. Dia menegaskan masalah kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan.

“Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya kehadiran Polri di tengah pandemi COVID-19. Polri di tingkat pusat hingga daerah, kata Jokowi, harus aktif, terutama menjaga keamanan di saat Indonesia berjuang menghadapi COVID-19.

“Dalam situasi sulit sekarang ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan, mulai dari jajaran Mabes dan polda, polres dan polsek sampai bhabinkantibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Jokowi.

“Aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif tetap aman dan damai,” imbuh Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta polri untuk dapat bekerja sama dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah. Hingga menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari COVID-19.

Berikut 7 instruksi Jokowi untuk Polri: Pertama; Terus pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur tribrata dan catur prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, jaga kepercayaan, jaga kebanggaan sebagai anggota Polri. Kedua; Terus lakukan reformasi diri secara total,bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, serta bangun kultur kerja polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Ketiga; Terus mantapkan soliditas internal, perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat, untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Keempat; Terus terapkan strategi proaktif dan tindakan persuasif dan humanis, dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Kelima; Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan, sehingga polri semakin dipercaya masyarakat.Keenam; Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19. Ketujuh; Harus ikut proses pemulihan ekonomi nasional, sesuai kewenangan polri dengan penuh tanggung jawab. (dn).

Tags: , , , , , , ,