Wawako Terima Tim Verifikasi Peduli Wisata Award

Wawako Terima Tim Verifikasi Peduli Wisata Award

Solok, (InfoPublikSolok) – Progres pariwisata di Kota Solok dinilai Tim Visitasi dan Verifikasi PWA (Peduli Wisata Award) Tahun 2022 Provinsi Sumatra Barat. Penilaian itu dilakukan untuk mendorong pengembangan wisata yang produktif terhadap masyarakat dan pembangunan daerah.

Di sisi lain, penilaian tersebut juga dilakukan sebagai evaluasi dan konfirmasi data yang sebelumnya telah di entry-kan pada aplikasi penilaian PWA 2022.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra, Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Doni Hendra, Kepala OPD, Ketua LKAAM Kota Solok, Bundo Kanduang Kota Solok, Pimpinan Bank Nagari Cabang Solok, Masata, Komunitas Kreatif, Pokdarwis, Pelaku Ekraf dan stakeholder terkait di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Kamis (11/8).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Doni Hendra menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk mengetahui tingkat perkembangan dan pertumbuhan pembangunan kepariwisataan di kabupaten/kota, mendorong pembangunan kepariwisataan kabupaten/kota secara lebih terpadu, terarah dan berkelanjutan.

Kemudian, memberikan apresiasi bagi kabupaten/kota yang telah melaksanakan pembangunan kepariwisataan dengan hasil yang cukup signifikan, dan hasil penilaian PWA 2022 dapat dijadikan sebagai pertimbangan/ masukan dalam menyusun kebijakan kepariwisataan di kabupaten/kota.

“Ruang lingkup kegiatan PWA tahun ini meliputi beberapa aspek penilaian meliputi aspek tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi pariwisata, ekonomi kreatif dan kaitannya dengan kepariwisataan, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat di bidang kepariwisataan, destinasi halal, CHSE, desa wisata, serta aspek CEO commitment,” jelas Doni.

Wakil Walikota Solok menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjadikan Kota Solok sebagai center dari beberapa kota sekitar Kota Solok.

“Pariwisata termasuk dalam salah satu program unggulan dari Pemerintah Kota Solok, sehingga berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk pengembangan pariwisata baik dalam bidang infrastruktur maupun peningkatan sumber daya manusianya,” ungkap Ramadhani.

Tim Penilai Peduli Wisata Award (PWA) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ansofino (Rektor Universitas PGRI Sumbar), Dr. Indang Dewata (UNP), Ernawati, PhD (Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP), Zuhrizul (Ketua DPW IATTA Sumbar), Ian Hanfiah (Pemerhati Pariwisata Sumbar), Anggri Yulio (Universitas PGRI Sumbar) menyampaikan bahwa penilaian tertinggi adalah pada aspek CEO Commitment dan Tata Pamong.

“Mekanisme penilaian antara lain kabupaten/kota mengisi instrumen penilaian yang telah dikirimkan melalui program/aplikasi PWA 2022 sesuai kondisi sesungguhnya dan didukung dengan dokumen terkait, tim ahli akan memeriksa keabsahan isian dikaitkan dengan dokumen pendukung yang dicantumkan,” terang Ansofino. (sn)

Tags: