Walikota Solok Terima Penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018

Walikota Solok Terima Penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok Zul Elfian menerima penghargaan peringkat ke-3 Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk Kategori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Andi Budiman, CEO Kompas Grup Media di Ruang Pertemuan Maoke, Gedung Unit 2 Lt. 6 Komplek Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (9/1/2019).

Survey Indeks Kota Cerdas Tahun 2018 ini, diselenggarakan oleh Litbang Kompas yang dibagi kedalam empat kategori yang didasarkan pada jumlah penduduk yaitu, kota metropolitan, besar, sedang dan kecil. Kota Metropolitan merupakan Kota dengan penduduk diatas 1 juta jiwa, Kota Besar lebih dari 500.000 > 1 juta jiwa. Kota Sedang dengan penduduk 100.000 > 500.000 jiwa. Kota Kecil dengan jumlah penduduk maksimal 100.000 jiwa.

GM Litbang Kompas F Harianto Santoso menjelaskan, pengukuran IKCI 2018 berbeda dari IKCI 2015, bila sebelumnya hanya mengacu pada tiga dimensi yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan, kali ini ada enam dimensi yang digunakan yakni ekonomi, lingkungan, pemerintah, kualitas hidup mobilitas dan masyarakat.

Dalam pemeringkatannya pada skala 1-100, Kota Solok mendapatkan skor 51,64 dengan skor terbanyak dari aspek masyarakat senilai 13,3 disusul dengan aspek kualitas hidup dengan skor 9,12 dan skor 7,37 untuk aspek lingkungan. Sementara untuk aspek ekonomi 5,63, aspek pemerintahan 5.36 dan 5.30 untuk aspek mobilitas.

Walikota Solok Zul Elfian yang hadir didampingi Sekretaris Diskominfo Lusya Adelina, SE,MM, Kepala Subbag Penghubung dan Kerjasama Rantau Bagian Humas Protokol Setda Kota Solok Yopi Permana, SSTP, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang memberikan telah kontribusi terbaiknya dalam pencapaian penghargaan ini, beliau berharap kedepan Indeks Kota Cerdas Peringkat Kota Solok harus lebih baik dari saat ini.

“Dengan upaya memaksimalkan kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat secara umum dan secara khusus dengan memetakan, menetapkan serta memaksimalkan prioritas variabel penilaian indeks kota cerdas tersebut kita berharap kedepannya Kota Solok bisa lebih baik lagi,” harap Zul Elfian.

Penghargaan Indeks Kota Cerdas ini merupakan apresiasi bagi kota-kota yang telah berhasil menerapkan konsep kota cerdas, dimana pengelolaan kota secara cerdas selayaknya didesain menjawab tantangan bagaimana meningkatkan kualitas penduduk mulai dari keamanan, kenyamanan hingga peningkatan kecerdasan. Penghargaan ini diharapkan bisa memberikan aspirasi bagi kota-kota lainnya agar ikut bergerak mencari solusi cerdas atas segala macam permasalahan yang ada diperkotaan. (eg)

Tags: , , , , , ,