Wisuda Tahfidz Perdana, Sekaligus Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 09 PPA

Wisuda Tahfidz Perdana, Sekaligus Pelepasan Siswa Kelas VI SDN 09 PPA

Solok, (InfoPublikSolok) – Mewujudkan visi dan misi Walikota Solok menjadikan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah dan sebagai penegasan SD 09 PPA sebagai sekolah berciri khusus tahfidz, telah dilaksanakan wisuda perdana tahfidz di aula SDN 09 PPA, Senin (29/4/2019).

Acara wisuda perdana ini dihadiri oleh Wakil Walikota, Reinier, Kepala Kantor Kemenag, Afrizen, Kepala Dinas Pendidikan, Mursiati serta orang tua siswa/ wali santri dan tokoh masyarakat PPA.

Untuk membuktikan legalitas hafalan para wisudawan/ti telah dilaksanakan ujian kompre tahfidz pada tanggal 20 Maret 2019 lalu dengan tim penguji Amril, S.Ag dan Jasril, S.Ag dari Kemenag Kota Solok serta Yulmida, M.Pd dan Rifdahayati, M.Pdi dari pengawas PAI. Dari hasil ujian tersebut, 33 orang peserta ujian kompre semuanya dinyatakan lulus.

“Kegiatan tahfidz ini telah dimulai semenjak tahun pelajaran 2017/2018. Dua tahun berjalan alhamdullilah telah menampakkan hasil yang sangat mengembirakan. Pada acara wisuda perdana ini mewisuda 33 orang hafidz dan hafidzah,” kata Kepala SDN 09 PPA, Desri Yondra, M.Pd.

“Setelah pelaksanaan wisuda perdana ini, insya Allah akan diadakan wisuda tahfidz setiap tahunnya,” sambungnya.

Banyak manfaat dari kegiatan wisuda tahfidz ini, hafalan Al-Qur’an mempengaruhi pada kecerdasan intelektual seorang santri.

“Terbukti dari santri yang unggul baik dalam bidang akademis maupun non akademis mayoritas adalah mereka yang telah menyelesaikan hafalannya,” ungkap Desri Yondra.

Harapan dari wisuda tahfidz ini adalah semoga kelak di masa depan mereka para penghafal Al-Qur’an yang akan berperan menjadi penerus bangsa ini. Al-Qur’an menjadi penuntun mereka akan amanah yang mereka emban sehingga di genggaman para generasi qurani inilah keberkahan dan kemakmuran akan terealisasikan.

Lebih jauh, Desri Yondra berharap program tahfidz Al-Qur’an ini dapat menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Kota Solok, sehingga mendorong lahirnya generasi qur’ani yang memiliki aqidah yang benar, berprestasi, memiliki kemampuan leadership, mandiri, berakhalak yang baik dan dapat diteladani. (rpe)

Tags: , , , ,