Wisuda Tahfidzul Qur’an Yayasan Iqra’ Bismirabbika

Wisuda Tahfidzul Qur’an Yayasan Iqra’ Bismirabbika

Solok, (InfoPublikSolok) – Yayasan Pendidikan Iqra’ Bismirabbika melaksanakan wisuda tahfidz untuk 111 siswa-siswi SD dan 45 orang siswa-siswi tingkat SMP pada Kamis (4/4/2019) di gedung Kubuang Tigo Baleh.

Kegiatan wisuda yang mengangkat tema ‘Membumikan Al-Qur’an, melangitkan manusia menuju generasi Qur’ani’ ini dihadiri oleh beberapa undangan dari Pemerintah Kota Solok dan dari kepolisian serta juga dihadiri oleh seluruh orang tua siswa SD dan SMP yang diwisuda.

Sebanyak 111 orang siswa-siswa SD yang diwisuda ini memiliki jumlah hafalan  Al-Qur’an yang bervariasi dan telah melalui proses Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) sehingga terpilih 10 orang siswa yang istimewa, siswa dengan hafalan Al-Qur’an terbaik diraih oleh Faiz Bunainal Qisty, hafalan Al-Qur’an terbanyak diraih oleh M Yazid Hadinata siswa kelas 3 SD dengan hafalan sebanyak 5 juz serta Fata Elhafidzah Djunde siswa kelas 5 SD dengan hafalan 4 juz.

Siswa yang diwisuda termuda adalah Nazhirah Nahdah kelas 1 SD dengan jumlah hafalan 2 juz, serta sebanyak 4 orang siswa kelas 1 SD juga diwisuda dengan hafalan 1 juz.

Selanjutnya, sebanyak 45 orang siswa-siswi SMP yang diwisuda juga memiliki hafalan yang bervariasi dari yang terendah sebanyak 2 juz  ada 2 orang siswa, hafalan 3 juz ada 16 orang, hafalan 4 juz sebanyak 6 orang, 5 juz sebanyak 10 orang, 6 juz sebanyak 3 orang dan 7 juz ada 1 orang siswa, serta yang memiliki hafalan terbanyak yaitu, M Al-Khoir dengan hafalan 15 juz.

Ketua yayasan Iqra’ Bismirabbika, Khairul Ramadhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Allah SWT memberikan kemudahan hidup dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi bagi yang menghafal Al-Qur’an, oleh sebab itu cintailah Al-Qur’an dan amalkan selalu dalam hidup.

Mewakili Walikota Solok, Susweni, SH, M.Si Staf Ahli Walikota bidang SDM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada yayasan Iqra’ Bismirabbika melalui SD IT dan SMP IT yang telah membantu dalam mewujudkan cita-cita Kota Solok menjadi kota Serambi Medinah.

Susweni juga menyampaikan kebanggaan kepada orang tua dan sekolah yang sudah bersinergi dalam mendidik generasi muda dengan bekal Al-Qur’an dan pemahaman agama yang baik  sehingga dapat menjadi benteng bagi anak dalam menghadapi arus globalisasi di masa depannya kelak.

Selanjutnya, kegiatan ini juga menghadirkan ustadz, Masrizal Munaf, MM yang berasal dari Padang Panjang untuk menyampaikan Tausiyah. Ustadz Masrizal mengatakan bahwa berbicara tentang Al-Qur’an adalah berbicara menyelamatkan nilai-nilai kemanusiaan. Kalau ingin anak sukses dan berprestasi di dunia dan akhirat, dekatkanlah mereka dengan Al-Qur’an.

Ustadz Masrizal juga menyampaikan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa ITB asal Lubuk Basung sebagai tugas akhirnya, menunjukkan pengaruh yang luar biasa dari Al-Qur’an.

Penelitian ini dilakukan pada sekelompok sapi perah dengan memperdengarkan Murotal Al-Qur’an satu jam sebelum diambil air susunya. Hasilnya susu yang dihasilkan lebih banyak dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih berkualitas. Hal ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an memberikan pengaruh luar biasa pada makhluk hidup apalagi bagi manusia sebagai hamba Allah yang diperintahkan untuk mengabdi kepada-Nya.

Pada kegiatan ini juga diberikan kesempatan pada siswa yang terbaik hafalannya,  yaitu 10 orang siswa SD dan 5 orang siswa SMP untuk memberikan sebuah mahkota kepada orang tua mereka sebagai simbol nanti di akhirat anak yang menghafal Al-Qur’an akan memberikan mahkota dari cahaya kepada kedua orang tua mereka sebagai tanda kemuliaan dan keistimewaan bagi yang menghafal Al-Qur’an.

Seluruh siswa yang mengikuti wisuda Tahfidzul Qur’an ini memperoleh sebuah bingkisan dari sekolah berupa sebuah Al-Qur’an Hafalan dan sertifikat yang menjelaskan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan Yudisium Mumtaz (sempurna), Jayyid Jiddan (sangat bagus) dan Jiddan (bagus). Sertifikat ini ditanda tangani Kepala Kementerian Agama Kota Solok dan Kepala Sekolah SD maupun SMP.

Kegiatan dilanjutkan kembali setelah jeda istirahat dan sholat Zuhur dengan peringatan Isra’ Mi’raj  dalam bentuk Tabligh Akbar oleh ustadz Muslim Yatim Lc, MM yang berasal dari Padang dan juga dengan dihadiri oleh seluruh orang tua dan siswa SD dan SMP.

Ustadz Muslim Yatim merupakan tokoh yang sangat peduli pada dunia pendidikan Islam dan perintis berbagai sekolah Islam yang ternama di Sumatera Barat. Pada kesempatan ini, Ustadz Muslim Yatim mengingatkan bahwa sholat adalah Mi’raj bagi setiap muslim sebagai sarana untuk mendekatkan diri pada Allah sang Khalik. Saat menghadapi masalah dalam hidup bersegeralah untuk sholat, Allah akan memberikan kemudahan dalam hidup.

Disampaikan, orang yang sholat hati dan jiwanya bersih yang akan terpancar pada wajahnya. Jiwa orang yang sholat bersih karena mereka selalu bersuci setiap akan menunaikan sholat lima kali dalam sehari sehingga sangat kecil kemungkinan dirinya untuk menjadi kotor. Apabila sholat ditinggalkan maka akan muncul berbagai penyakit pada masyarakat.

“Jangan biarkan anak-anak asyik dengan gadget mereka yang kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah karena dunia saat ini tanpa batas. Maka bekalilah mereka dengan Al-Qur’an,”  tuturnya.

Yayasan Iqra’ Bismirabbika adalah sebuah yayasan yang berkonsentrasi dalam bidang pendidikan Islam bagi generasi muda. Yayasan yang dipimpin oleh Khairul Ramadhan, S.P, M.Ec.Dev ini sudah memberikan lapangan pekerjaan pada 65 orang Guru dan karyawan.

Para pendidik ini berkonsentrasi mendidik generasi muda pada tingkat SD sebanyak 430 siswa dan 165 orang siswa SMP. Dengan didikan dan sentuhan kasih sayang ustadz dan ustadzah ini siswa-siswi SD IT dan SMP IT berhasil mencapai prestasi di berbagai tingkat dan bidang ilmu dan menghafal Al-Qur’an sebagai bekal hidup mereka di masa yang akan datang. (hu)

Tags: , , , , , ,