Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

1 Desember 2023

Wujud Peduli Lingkungan, Calon Pengantin di Kota Solok Wajib Tanam Pohon

Wujud Peduli Lingkungan, Calon Pengantin di Kota Solok Wajib Tanam Pohon

Solok, (InfoPublikSolok) – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah, lurah serta seluruh masyarakat Kota Solok, di antaranya untuk seluruh calon pengantin yang akan mengurus surat pengantar menikah di kantor lurah diwajibkan untuk menanam pohon pelindung seperti Mahoni, Trembesi, Angsana dan atau pohon produksi seperti Coklat, Petai sebanyak empat batang pohon di sekitar pekarangan masing-masing.

Dalam instruksi tersebut juga disebutkan, bagi pejabat atau Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Solok yang akan melaksanakan perjalanan dinas luar daerah diwajibkan untuk menyumbang sebatang pohon pelindung.

“Di samping mendorong partisipasi masyarakat dalam gerakan penghijauan, penanaman pohon ini juga sebagai simbol kelanggengan keluarga calon pengantin serta diharapkan jadi amal jariyah yang pahalanya akan mengalir terus ketika pohon tersebut tumbuh,” kata Kepada DLH Kota Solok, Edrizal, Jumat (11/8).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.76/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 tentang Adipura, seluruh masyarakat Kota Solok diimbau untuk melakukan Gerakan Jumat Bersih di lingkungan sekitar tempat tinggal, lingkungan Dinas, kantor dan sekolah masing-masing.

Kemudian Gerakan Sabtu Hijau dengan melibatkan ASN dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan melalui penanaman sayuran dan buah untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga. Serta melaksanakan gerakan minggu sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur.

Edrizal, mengungkapkan bahwa DLH mempunyai tugas pokok dan fungsi membantu Walikota Solok dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan kebersihan lingkungan.

“Dalam rangka mewujudkan Kota Solok Berjuara (diberkahi, maju dan sejahtera) yang memiliki masyarakat sehat, lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan sesuai dengan visi misi Kota Solok di bidang lingkungan, maka perlu dilakukan Gerakan Menanam Pohon, Gerakan Jumat Bersih, Gerakan Sabtu Hijau dan Gerakan Minggu Sehat yang dimulai dari lingkungan terkecil yaitu di lingkungan keluarga,” tandasnya.

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.