Wujudkan Kemandirian Kelompok Nagari Mandiri Pangan Dibekali Pelatihan

Wujudkan Kemandirian Kelompok Nagari Mandiri Pangan Dibekali Pelatihan

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dinas Pangan Kota Solok mengadakan acara pelatihan manajemen usaha dan organisasi bagi kelompok Nagari Mandiri Pangan Payo di Aula Dinas Pangan Kota Solok, Senin (5/8/19).

Acara ini dibuka oleh Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Efrizal Hasdi  turut hadir anggota kelompok tani Koto Sejati khususnya kelompok Nagari Mandiri Pangan di Payo, serta mengundang 2 orang Narasumber yaitu Arjunaidi dari Dinas Perdagangan dan UKM serta Devi dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar.

Dalam pembukaan, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan mengatakan, ” Dalam rangka  untuk mewujudkan kemandirian dilakukan secara bertahap melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk mengenali potensi dan kemampuannya, mencari alternatif peluang dan pemecahan masalah, serta mampu untuk mengelola dan memanaatkan sumberdaya alam secara efektif, efesien dan berkelanjutan. Pemberdayaan dilakukan terhadap masyarakat miskin dan rawan pangan di pedesaan,”  papar Efrizal.

Strategi yang dilakukan pada Nagari/ Kelurahan mandiri pangan ini yaitu membangun ekonomis berbasis pengembangan komoditi yang disesuaikan dengan pengembangan wilayah untuk menyediakan lapangan kerja dan pendapatan, dan memenuhi kebutuhan pangan bagi kelompok masyarakat miskin di daerah rawan pangan melalui pemberian bantuan atau pemberdayaan oleh berbagai stakeholder yang akan dilaksanakan secara terintegrasi dan terpadu.

Kegiatan pengembangan kawasan pembinaan Nagari Mandiri Pangan merupakan salah satu program pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan. Selain itu juga merupakan upaya penanggulangan kemiskinan dan kerawanan pangan. Daerah Payo yang terletak di daratan tinggi kelurahan Tanah Garam Kota Solok termasuk daerah yang mempunyai tingkat kemiskinan lebih  dari 25%. Adapun permasalahan yang sering dihadapi dalam oleh Nagari Mandiri Pangan adalah kurangnya pengetahuan kelompok di dalam hal manajemen organisasi dan usaha kelompok.

” Hal mendasar yang harus diprioritaskan di NMP adalah bagaimana mengubah pola pikir masyarakat untuk maju, jika ada kemauan, Insya Allah bisa. Terkait dana stimulan, itu menjadi tanggung jawab Pemerintah. Untuk itu adanya permasalahan tersebut dirasa perlu untuk melakukan pelatihan baik itu tentang Manajemen Organisasi maupun tentang stimulan kegiatan di kelompok Nagari Mandiri Pangan,” jelas Devi. (rab)

 

Tags: , , , , ,

%d blogger menyukai ini: