Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, Kakan Kemenag: Pendidikan Madrasah Makin Diminati

Wujudkan Madrasah Hebat Bermartabat, Kakan Kemenag: Pendidikan Madrasah Makin Diminati

Solok, (InfoPublikSolok) – Menghadapi perkembangan global yang penuh dengan kompetisi sekarang ini, kita perlu menyiapkan mental generasi-generasi masa depan agar mampu bersaing dengan baik dan memiliki perilaku islami, kemandirian, kepedulian terhadap lingkungan, serta tentunya kreatifitas dan inovasi sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Para pemimpin bangsa ditentukan dari generasi saat ini, maka Madrasah Hebat Bermartabat diharapkan selalu melahirkan generasi berkarakter Islami yang kuat, berwawasan luas, dan terampil.

“Tunjukkan pada masyarakat bahwa madrasah itu hebat, buktinya saat ini, madrasah adalah tujuan utama bagi masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya. Rancanglah pengelolaan yang baik, jalin kerjasama yang baik antara eksternal dan internal, asah terus potensi akademik, serta hasilkan kurikulum berinovasi,” kata Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, H. Zulkifli dalam pertemuannya dengan kepala beserta semua guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Kampung Jawa di ruangan kerjanya, Selasa (11/1).

H. Zulkifli menyampaikan, sarana dan prasarana tidak mutlak untuk menarik orangtua agar memasukkan anak mereka ke madrasah, namun bagaimana kita bisa memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga orangtua tertarik untuk memasukkan anak mereka.

Selanjutnya, Kakan Kemenag Kota Solok yang baru saja menjabat sejak awal tahun 2023 itu berpesan, empat hal yang harus dilakukan pengelola madrasah agar berhasil, yaitu, laksanakan semua kegiatan dengan niat yang ikhlas, laksanakan kolaborasi dengan semua pihak, bekerja sama dengan baik dan ciptakanlan kegiatan ekskul yang dapat menarik minat peserta didik.

Sebuah madrasah dituntut untuk mampu mengembangkan keunggulan dan keunikan masing-masing dalam kemasan yang menarik serta mampu membuat branding yang berbeda dari madrasah yang sudah ada pada umumnya. Keunggulan-keunggulan tersebut bisa dikemas dalam berbagi wujud, misalnya unggul dalam tahfidz, sains, riset, bahasa asing, olahraga, seni, robotik, teknologi informasi dan lain sebagainya.

H. Zulkifli juga menegaskan agar setiap bulan diagendakan kunjungan rutin Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) ke MIS Kampung Jawa, sebagai bentuk evaluasi dan pengembangan madrasah ke depannya dan wujud keseriusan dalam membangun MIS Kampung Jawa menjadi Madrasah Hebat, Bermartabat.

Sebelumnya, Plt. Kasi Penmad, Irawadi Uska menyampaikan, saat ini jumlah Pendidik di MIS Kampung Jawa sebanyak 11 orang, terdiri dari 4 orang pendidik ASN, 1 orang operator dan 6 orang tenaga honorer. MIS Kampung Jawa berlokasi di RT 002/ RW 06 Kelurahan Kampung Jawa, berdiri di atas tanah hibah masyarakat. (helda)

Tags: ,