Wujudkan Pemilu Badunsanak, Polres Solok Kota Gelar FGD

Wujudkan Pemilu Badunsanak, Polres Solok Kota Gelar FGD

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menghadapi Pemilu 2019 yang aman dan damai, Kepolisian Resort Solok Kota menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan silaturahmi Kamtibmas yang dipimpin langsung oleh Kapolres Solok Kota, AKBP. Dony Setiawan, S.IK, MH bertempat di d’Relazion Resto, Rabu (20/2/2019).

Kegiatan FGD ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas Kepala Kemenag Kota Solok, Afrizen, S.Ag. M.Pd, Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd, Ketua LKAAM Kota Solok, H. Rusli Dt. Khatib Sulaiman, Kasat Binmas Polres Solok Kota, Iptu. Laidy, Bhabinkamtibmas jajaran Polres Solok Kota serta tamu undangan tokoh masyarakat kota dan kabupaten Solok.

Focus Group Discusion kali ini mengangkat tema ‘Ciptakan Kedamaian di Wilayah Hukum Polres Solok Kota Demi Menyukseskan Pemilu 2019, Aman, Damai dan Badunsanak ‘.

Kapolres mengajak mesyarakat untuk mengawal Pemilu 2019 secara bersama-sama dan saling bersinergi. Agar tujuan ini dapat tercapai diperlukan peran aktif Niniak Mamak dan tokoh masyarakat dan Alim Ulama, serta Bawaslu sebagai lembaga pengawasan Pemilu membutuhkan juga bantuan dari masyarakat dalam mengawal Pemilu Damai 2019.

Masyarakat diharapkan agar cerdas dalam mendengar dan menerima sebuah informasi, dikarenakan saat ini banyaknya berita yang tidak benar, yang tidak berdasarkan fakta yang sebenarnya (Hoax).

“Kelebihan dari masyarakat Minangkabau adalah masyarakatnya dikenal memiliki raso jo pareso yang tinggi dengan sistem lembaga adat yang masih terjaga, sehingga bagi pihak yang berusaha akan diganggu dan dikotori oleh orang lain yang mempunyai kepentingan kelompok tertentu dapat kita antisipasi dan awasi bersama-sama,” tutur Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Dony Setiawan juga menghimbau jangan sampai menjadikan tempat ibadah untuk ajang berkampanye dan tempat menyebarluaskan ujaran kebencian, memfitnah dan menghina. Pengurus mesjid hendaknya agar proaktif berkoordinasi dengan penceramah agar tidak terjadi politik praktis di mesjid.

“Polres Solok Kota selalu bersinergi dengan Kemenag Kota Solok juga dengan pihak lain terkait demi menyukseskan Pemilu aman, damai dan badunsanak,” lanjut Kapolres.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd mengatakan, dengan penyelengaraan FGD yang melibatkan tokoh masyarakat ini, diharapkan terciptanya Pemilu Badunsanak yang hakekatnya terselenggara Pemilu yang aman, damai dan bersih dari pelanggaran pidana Pemilu, khususnya di wilayah Kota Solok. (fp)

Tags: , , , ,