Wujudkan Solok Sebagai Kota Literasi DPK Gandeng Pegiat Literasi Sumbar

Wujudkan Solok Sebagai Kota Literasi DPK Gandeng Pegiat Literasi Sumbar

Padang Panjang, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka kerjasama dan pengembangan serta menambah pengetahuan tentang Literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengunjungi Bapak Muhammad Subhan (pegiat Literasi Sumatera Barat) di Kota Padang Panjang, pada hari Kamis, (13/02/2020).

Kunjungan kedinasan tersebut dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca,  Weni Oktiarni dan didampingi oleh Pustakawan Sevri Febriona. Setiba di ruang baca Rimba Bulan, Padang Panjang kami diterima oleh Muhammad Subhan sebagai pegiat Literasi Sumatera Barat dan Pendiri Ruang Baca Rimba bulan.

Kepala Bidang memaparkan, ” Tujuan dari dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok berkunjung ke Ruang Baca Rimba Bulan Padang Panjang adalah untuk menemui Muhammad Subhan yaitu seorang pegiat literasi Sumatera Barat untuk berkerjasama dalam meningkatkan kreatifitas literasi di Kota Solok, ” jelas Weni Oktiarni.

Muhammad Subhan adalah seorang Wartawan, Seniman, Budayawan, Penulis Buku dan Penggiat Dunia Literasi yang berdomisili di Kota Padang panjang. Ruang Baca Rimba Bulan yang didirikan oleh Muhammad Subhan, meski bernama taman baca, tetapi yang tersedia bukan hanya ruang baca dan koleksi buku, melainkan juga ada aktivitas lain untuk meningkatkan interaksi antar warga, pemberdayaan masyarakat, serta yang terpenting mendidik anak-anak menjadi generasi gemar membaca, kreatif, dan mandiri.

” Literasi yaitu suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis. Literasi sangat banyak sekali manfaatnya, salah satu keuntungan dari literasi ini  diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca serta juga dapat membiasakan seseorang untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya. Kebudayaan kegemaran membaca buku bisa menjadi pendorong majunya suatu bangsa karena ilmu pengetahuan yang terus berkembang berkat aktivitas membaca, ” jelas Muhammad Subhan.

Kegiatan ini sangatlah penting dilaksanakan untuk membina dan memberdayakan para pengiat literasi dalam meningkatkan minat masyarakat di bidang tersebut.

Kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok dengan Muhammad Subhan yaitu untuk menjadi Narasumber pada kegiatan Menulis Kreatif yang dimulai bulan Maret tahun 2020 dan menjadi Konsultan Pegiat literasi Kota Solok Tahun 2021 mendatang, kegiatan ini  sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan para pengiat literasi sehingga mampu menghidupkan aktivitas literasi di Kota Solok.  (jij)

Tags: , , , , , ,