Wujudkan Tertib Pengelolaan Arsip Melalui Audit Kearsipan

Wujudkan Tertib Pengelolaan Arsip Melalui Audit Kearsipan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan Rapat Audit Kearsipan dengan seluruh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian serta Camat dan Lurah se-Kota Solok, pada Selasa (24/5/2022) yang bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta dari OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, S. Pd, MM menjelaskan tentang audit kearsipan. “Audit Kearsipan merupakan proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen, objektif dan profesional berdasarkan standar kearsipan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektivitas, efisiensi, dan keandalan penyelenggaraan kearsipan,” jelas Wadirman.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Etti Murni, S. Sos menyampaikan bahwa Rapat Persiapan Audit Kearsipan ini dilaksanakan untuk persiapan penilaian kearsipan di OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok dan mendiskusikan tentang kondisi dan keadaan kearsipan OPD.

Audit Kearsipan ini dilaksanakan mulai dari bulan Juni 2022. Tim audit kearsipan akan turun untuk mengaudit pengelolaan arsip dan menegakkan peraturan kearsipan yang berlaku di seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

“Audit kearsipan ini adalah proses kegiatan dalam menilai kesesuaian prinsip, kaidah dan standar kearsipan dalam penyelenggaraan kearsipan. Tujuan dari Audit kearsipan ini yaitu untuk membina penyelenggaraan pengelolaan Arsip di OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok sesuai dengan arah dan sasaran pembangunan Nasional di bidang kearsipan. Diharapkan dengan dilaksanakannnya audit kearsipan membuat pengelolaan arsip di Lingkungan Pemerintahan Kota Solok yang lebih baik lagi,” tutup Etti. (jij)

 

Tags: , ,