Masyarakat Tetap Datangi Disdukcapil Pada Saat Hari Pencoblosan

Masyarakat Tetap Datangi Disdukcapil Pada Saat Hari Pencoblosan

Solok, (Info Publik Solok) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat mempengaruhi semangat masyarakat Kota Solok, pasalnya pada saat sedang dilangsungkannya Pilkada pada 27/11 ini, masyarakat masih saja berusaha memperjuangkan hak pilihnya menuju bilik suara di TPS-TPS setempat dengan cara memperoleh bukti fisik identitas diri yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Solok.


Kedatangan mereka ke kantor Disdukcapil dikarenakan berbagai hal terkait dokumen kependudukan, seperti belum merekam data, belum mencetak KTP-el dan belum aktivasi IKD. Sebelumnya informasi jam layanan dihari Pilkada sudah disebarluaskan di media social, sehingga masyarakat yang belum sempat mendatangi Dukcapil dihari-hari sebelumnya, segera bergegas ke Dukcapil sejak pukul 08.00 WIB.


Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Ratnawati, SH.MM yang saat itu ikut mendampingi petugas pelayanan. “Dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi 27 November 2024 yang bertepatan pada hari ini, jajaran  Dinas Dukcapil Kota Solok melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat, pelayanan yg dibuka yakni kepengurusan dokumen kependudukan khususnya perekaman KTP-el,  serta pencetakan KTP-el agar masyarakat yang masih belum memiliki KTP-el bisa mengunakan hak suaranya di TPS-TPS wilayah mereka berdomisili,” terang beliau.


Semangat masyarakat ini juga disambut baik oleh Dukcapil yang membuka jam pelayanan hingga pukul 12.00 WIB. Masyarakat yang mulai berdatangan sejak pukul 08.00 pagi ini bisa dikatakan cukup banyak, berhubung hari ini merupakan hari libur nasional.

Sekdin, Kabid dan JFT terkait yang turut hadir pada hari itu juga ikut mengawasi jalannya pelayanan. “Layanan helpdesk yang kami laksanakan saat Pilkada ini sejalan dengan komitmen kami yang mengutamakan kepentingan masyarakat dalam kepemilikan dokumen kependudukan sehingga kami harus memposisikan diri menyukseskan Pilkada Serentak. Dan untuk menjaga komitmen ini kami harus selalu meningkatkan kualitas terbaik pelayanan data administrasi kependudukan (Adminduk), dan menjaga kehandalan sistem Adminduk tersebut,” tambahnya.


Komitmen pelayanan terhadap masyarakat oleh Disdukcapil tentunya tidak hanya jelang Pilkada, namun selalu dijaga dan selalu ditingkatkan melalui tantangan dan inovasi yang selaras dengan program Dirjen Dukcapil Kemendagri.


Komentar

Tinggalkan komentar