Pemko Solok Hadirkan Layanan IKD di Polres Solok Kota

Pemko Solok Hadirkan Layanan IKD di Polres Solok Kota

Solok, (Info Publik Solok) - Disdukcapil Kota Solok kembali lakukan perjanjian kerjasama (PKS) terkait aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi penduduk yang telah berusia 17 tahun.

PKS kali ini dilakukan dengan Polres Solok Kota dan Perumda Air Minum Pincuran Gadang pada Senin (23/12) di Disdukcapil Kota Solok. Kerjasama terkait IKD ini dilakukan untuk memaksimalkan capaian aktivasi IKD guna memenuhi target Nasional dan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Karena dalam IKD terdapat dokumen kependudukan serta akses untuk mengajukan layanan kependudukan.

Untuk layanan IKD pada Polres Solok Kota, dibuka layanan IKD pada Pagi hari mulai Pukul 08.00 hingga pukul 12.00. Untuk teknis pelayanannya, masyarakat yang biasanya mengakses layanan pembuatan SIM, akan dilanjutkan ke layanan aktivasi IKD, dengan demikian, petugas Disdukcapil akan standby di Polres Solok Kota pada Jam layanan tersebut pada hari Senin hingga Jum’at.

Sedangkan untuk PDAM, layanan IKD tetap berada di Disdukcapil. Masyarakat yang akan mengurus administrasi pemasangan instalasi air, harus melakukan aktivasi IKD terlebih dahulu sebagai tambahan persyaratan untuk pemasangan instalasi baru.

Kegiatan Penandatanganan ini dihadiri oleh Abdus Syukur Felani, S.I.K, selaku Kapolres Solok Kota, beserta jajarannya dan Rabbi Luski, SE selaku Direktur Perumda Air Minum Pincuran Gadang.

“Kami berharap dengan aktivasi IKD ini masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan IKD. Kami dari Polres Solok Kota sangat mendukung kegiatan ini, dan kami berharap Disdukcapil dapat memanage tim pelayanannya, karena untuk pelayanan lumayan banyak per harinya, dan mudah-mudahan apa yang menjadi target Dukcapil dapat terlaksana dengan baik,” terang Kapolres.

Selain itu Direktur Perumda Air Minum Pincuran Gadang juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini, seiring dengan adanya Launching aplikasi layanan online yang memudahkan masyarakat untuk membayar tagihan PDAM.

Disaat yang sama Kadisdukcapil Ratnawati, SH.MM selaku Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan, “Layanan aktivasi IKD kami laksanakan agar dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses banyak layanan dalam satu waktu. Dan untuk kali ini kami menambahkan titik layanan di Polres Solok Kota yang akan dimulai minggu ini. Dan Diharapkan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan layanan aktivasi IKD sembari mengurus SIM dan SKCK.

 


Komentar

Tinggalkan komentar